Jumat, 17 Februari 2017

Cara Mengobati Wasir atau Ambeien Secara Alami

Gejala wasir atau gejala ambeien yang paling umum dari wasir internal darah merah terang di bangku, di atas kertas toilet, atau dalam toilet setelah buang air besar. Wasir internal yang tidak prolaps biasanya tidak menyakitkan. Wasir prolaps sering menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, dan gatal-gatal anus.
Gumpalan darah bisa terbentuk di wasir eksternal. Bekuan darah di vena disebut trombosis a. Wasir eksternal thrombosed menyebabkan perdarahan, bengkak menyakitkan, atau benjolan keras di sekitar anus. Ketika bekuan darah larut, kulit ekstra yang tertinggal. Kulit ini dapat menjadi teriritasi atau gatal.
Mengejan berlebihan, menggosok, atau membersihkan sekitar anus dapat membuat gejala, seperti gatal dan iritasi, lebih buruk.

Gejala wasir pada umumnya tidak dapat dideteksi dini karena masih belum menimbulkan tanda-tanda. Namun tidak ada salahnya memperhatikan gejala wasir berikut guna mendapatkan perawatan lebih baik dan lebih dini. 
  1. Rasa panas di anus
    Rasa panas terjadi biasanya saat duduk terlalu lama atau sehabis buang air besar (BAB). Rasa panas terdapat di anus akibat penekanan pada vena yang sudah mulai membesar.
  2. Ada darah
    Adanya darah segar di kertas toilet, di dalam toilet atau pada tinja sehabis BAB. Pembesaran pembuluh darah bisa diakibatkan oleh aktivitas mengejan saat BAB. Lantaran pembuluh vena itu tipis dan mudah pecah, maka bisa saja terjadi pendarahan saat BAB.
  3. Ada tonjolan
    Pembesaran pembuluh darah dapat berbentuk tonjolan yang keluar dari anus. Biasanya jika sudah mulai ada tonjolan artinya wasir sudah memasuki tahap selanjutnya. Apabila tonjolan masih dapat dimasukan secara spontan ke dalam anus, maka artinya wasir atau ambeien belum terlalu parah namun sudah harus mendapatkan penanganan.
  4. Rasa sakit
    Rasa sakit terjadi di anus terutama sehabis BAB. Sakit bisa jadi diakibatkan dari pembuluh darah yang pecah, terutama karena ada penekanan dari feses.
  5. Rasa gatal di anus
    Rasa gatal dipicu oleh infeksi dari luka pada pembuluh darah yang pecah. Lantaran anus merupakan tempat bermuaranya feses, maka kemungkinan infeksinya juga tinggi.
Jenis-jenis wasir:
  1. Wasir Internal
    Umumnya timbul tanpa rasa nyeri ditandai dengan adanya pendarahan pada bagian rektum berwarna merah terang saat atau setelah buang air besar. umumnya Feses ditutupi dengan Darah (hematakozia) kadang ini Juga menempel pada kertas toilet, atau bisa juga menetes ke dalam Toilet/kloset.
  2. Wasir Eksternal
    Wasir eksternal adalah jenis yang timbul di bawah dentata/pectinate. Wasir atau ambeien eksternal ini terliputi di dekatnya oleh anoderma dan di sisi jauhnya oleh kulit, keduanya sensitif terhadap nyeri dan suhu. Jika tidak terkena trombosis, wasir eksternal dapat menyebabkan beberapa masalah. Namun, jika terkena trombosis, wasir dapat sangat menyakitkan. Dapat tersisa suatu akrokordon setelah sembuh. Jika wasir besar dan menimbulkan masalah higiene karen tidak dapat dibersihkannya tinja dengan baik maka kondisi ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit di sekelilingnya dan gatal di sekitar anus.
Tingkatan Stadium Wasir
  • Wasir stadium 1 : Biasanya tidak sampai prolaps (benjolan keluar). Rasanya cuma kadang kurang nyaman saat buang air besar (BAB)
  • Wasir stadium 2 : Bagian anus sudah bisa diraba ada benjolan, namun bisanya belum ada pendarahan. Kadang ada rasa panas dan gatal
  • Wasir stadium 3 : Benjolan pada anus sudah besar, terjadi benjolan ikut keluar saat bab, kadang bisa bisa masuk sendiri dan kadang  harus dibantu dengan jari, kadang ada rasa nyeri dan kadang ada pendaharan
  • Ambeien stadium 4 : benjolan vena sudah besar sekali sehingga tidak bisa dimasukkan lagi, kadang nyeri dan sering pendarahan
Wasir adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu apalagi kalau anda adalah seseorang yang menghabiskan banyak waktu untuk berlama-lama duduk di depan meja seperti pegawai atau karyawan kantor, tentunya wasir akan menurunkan produktivitas dan kinerja kita.
Cara Mengobati Wasir atau Ambeien Secara Alami
  • Mengkonsumsi tape singkong yang sudah dilembekkan secara rutin sehari tiga kali dipercaya mampu mengatasi wasir. Ini disebabkan karena tape singkong mengandung ragi yang menyehatkan pencernaan. Wasir ringan maupun wasir berdarah umumnya bisa disembuhkan dengan tape singkong.
  • Daun jambu biji, terutama bagian pucuknya juga dipercaya berkhasiat mengatasi wasir. Ambil beberapa lembar daun jambu biji lalu cuci bersih, Tambahkan satu buah pisang batu dengan kulitnya, kemudian haluskan dan peras airnya.

Cara Mengobati Wasir atau Ambeien Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: akun baru

0 komentar:

Poskan Komentar